Rabu, 07 Mei 2008


Judul : Dengan Semangat Berkobar: Nasionalisme dan Gerakan Pemuda di Indonesia, 1918-1930
Judul Asli: Een koel hoofd en een warm hart: Nationalisme, Javanisme en Jeugdbeweging in Nederlands-Indiƫ, 1918-1930
Penulis : Hans van Miert
Penerjemah : Sudewo Satiman
Penerbit : Hasta Mitra, Pustaka Utan Kayu, KITLV, Cetakan I, April 2003
Tebal : xxxiv+636 halaman.
Harga : Rp 70.000

BUKU ini menuturkan hasil penelitian Hans van Miert, seorang sejarawan kelahiran Veghel, Belanda, yang memperdalam pengetahuannya mengenai sejarah Hindia Belanda di Jurusan Sejarah pada Katholieke Universiteit Nijmegen. Di sini digambarkan gerakan etnik dan pemuda di Hindia Belanda sebelum lahir kesepakatan nasionalisme Indonesia yang diperjuangkan oleh kelompok nasionalis Indonesia moderat, sekalipun mendapat tentangan dari pemerintah kolonial, gerakan radikal dan ciri regional masing-masing kelompok.

Buku yang terdiri dari 12 bab ini dibuka dengan latar belakang sosial dan budaya kaum nasionalis di Jawa dan Sumatera berikut pembentukan dan perkembangan awal nasionalisme di Hindia Belanda. Penulis lebih banyak membahas kelompok nasionalis Indonesia di Jawa dan Sumatera, seperti Jong Java, Jong Sumatra, Boedi Oetomo, dan Comite voor het Javaans Nationalisme yang dikenal sebagai kelompok nasionalis Indonesia moderat, kelompok yang ingin mencapai Indonesia Merdeka melalui kerja sama dengan pemerintah kolonial.

Hal yang menarik dalam buku ini seperti yang dikatakan Pramoedya Ananta Toer dalam sambutan buku ini adalah kelengkapan dokumentasi dan pustaka rujukan dalam catatan kaki yang memperjelas sejarah nasionalisme dan gerakan pemuda di Indonesia. (YOG/Litbang Kompas)

Tidak ada komentar: